Perbedaan Konfigurasi Blackberry Browser dan Internet Browser pada Pengguna BES

Posted: September 5, 2010 in Blackberry

Kasus :
“Sering menggunakan tapi tidak tahu perbedaan nya apa / dimana?, cuma yg dirasa kecepatan akses kadang2 cepet, kadang2 lambat”

Penjelasan :

1. Setting Internet Browser default:
Pada settingan ini, internet gateway BB akan diarahkan ke jaringan RIM (Research in Motion) melalui operator Seluler yang dipakai, banyak faktor yg mempengaruhi kecepatan internet browsing melalui metode ini, terutama yang paling berpengaruh adalah jaringan operator seluler yang dipakai.

Kelebihan:

  • Akses Internet langsung diarahkan ke World Wide Web seperti layaknya pengguna BIS, sehingga akan less hops dan tidak bottleneck di bandwidth PDS.
  • Tidak terpengaruh oleh kondisi internet gateway PDS, misalnya: jika internet gateway mengalami gangguan atau traffic yang tinggi.
  • Tergantung network carrier yang dipakai, jika lokasi user di dalam 3G/HDSPA coverage area, maka browsing akan terasa lebih cepat terutama pada BB device yang sudah support 3G. Sebagai gambaran, kecepatan maksimum (teoritis) yang dapat diperoleh adalah : Speed network: HSDPA (3.5G) sampai dengan 3.2 Mbps. 3G/UMTS sampai dengan 384 Kbps. GPRS/EDGE sampai dengan 115 Kbps.

Kekurangan:

  • Pada saat jaringan operator sibuk, tentunya akan berpengaruh ke kecepatan browsing internet yang melambat karena bandwidth dishared dengan pengguna BB lain pada operator yang sama.
  • Pada device yang belum support 3G, maka hanya network GPRS/EDGE yang didapat, walaupun user di dalam 3G/HSDPA coverage area.
  • Di luar 3G/HSDPA coverage area, maka hanya jaringan GPRS yang didapat, walaupun BB device sudah support 3G/HSDPA.
  • Kekuatan signal juga pada umumnya diperlihatkan sebagai salah satu ukuran kualitas jaringan yang didapat.

2. Setting BlackBerry Browser default:
Pada settingan ini, internet gateway BB akan di-route melalui internet gateway BES.

Kelebihan:

  • Tergantung traffic yang masuk dan bandwidth yang sedang terpakai, browsing internet di BB akan terasa lebih cepat pada saat traffic rendah/sepi, misalnya pada saat di luar office hours, di malam hari atau hari libur. Browsing akan terasa lebih cepat karena bandwidth terbagi hanya ke beberapa atau ke sedikit user.
  • Kecepatan akses yang bisa diperoleh juga bergantung kepada teknologi jaringan di sekitar dan jarak/kondisi lingkungan (3G/EDGE/GPRS), dan kekuatan signal yang didapat.

Kekurangan:

  • Tergantung traffic yang masuk dan bandwidth yang sedang terpakai, pada saat traffic tinggi, browsing internet di BB akan melambat. Misalnya pada office hours, dimana bandwidth terbagi ke banyak user, termasuk user yang mengakses internet melalui PC/laptop/workstation.
  • Pada saat Internet gateway PDS down atau mengalami masalah, maka browser internet di BB akan mengalami hal yang sama.

Jika salah satu settingan mengalami kendala, silahkan mencoba men-switch ke settingan yang lain hingga mendapatkan koneksi internet yang paling ideal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s